Membuat layer dan menggambar obyek.
Membuat 3 layer : background , pesawat, awan dan sayap
cara membuat layer baru, klik new layer pada icon new layer disebelah kiri bawah
Untuk mengganti nama layer silakan anda double click pada layer yang bersangkutan.dan untuk menggambar tiap – tiap obyek dalam macromedia flash, klik dilayer yang bersangkutan. Misal ingin menggambar background silakan anda click pada layer background.
Untuk menggambar / memberi warna pada background anda dapat menggunakan rectangle tool (R) atau anda cukup menekan keyboar R, dan mulailah menggambar kotak dengan cara mendrag sesuai dengan lebar kanvas yang ada di halaman utama.
Langkah selanjutnya menggambar pesawat terbang, dan tool yang saya gunakan adalah oval tool (O) dan rectangle tool (R). Silakan anda gambar sesuka hati
Lakukan seleksi pada area pesawat yang telah anda buat
Kemudian klik kanan convert to symbol
Aktifkan gambar pesawat dan masuk ke action movie clip yang ada dimenu bawah
Ketikkan script berikut :
onClipEvent(enterFrame)
{
kecepatan=10
if(Key.isDown(Key.RIGHT))
{
_x+=kecepatan
}
if (Key.isDown(Key.LEFT))
{
_x-=kecepatan
}
if (Key.isDown(Key.UP))
{
_y-=kecepatan
}
if (Key.isDown(Key.DOWN))
{
_y+=kecepatan
}
}
(case sensitif, tuliskan dengan benar)
Lakukan pengetesan awal dengan cara tekan Ctrl+Enter atau F12
Jika anda sukses maka pesawat dapat anda gerakkan sesuai dengan gerak anak panah yang ada di papan keyboard anda.
Langkah yang ketiga adalah menggambar awan dan membuat animasinya.
Anda dapat menggunakan oval tool (O) untuk menggambar awan dan jangan lupa untuk mengaktifkan layer awan agar halaman yang aktif tepat pada layer awan.
Saya gambar diatas background supaya nanti awan akan berjalan dari luar halaman kemudian masuk dan keluar halaman lagi dengan cara :
Seleksi ketiga awan tersebut, klik kanan convert to symbol, setelah itu double click awan tersebut maka anda akan dibawa ke scene awan.
Untuk membuat animasi awan yang ada anda dapat membuat animasi dengan cara:
- Pada Layer 1, klik kanan pada frame pertama create motion tween kemudian klik juga diframe 30 kemudian lakukan insert keyframe dengan cara klik kanan insert keyframe
- Geser awan tersebut dari atas kebawah.
- Klik pada scene 1 untuk kembali ke halaman utama
Jika proses step by step anda sukses maka akan anda dapati sebuah pesawat yang dapat anda gerakan dengan keyboard dan awan yang berjalan dari atas kebawah.
Untuk tahap berikutnya yaitu membuat rudal yang dapat ditembakkan dari pesawat yang akan saya lanjutkan episode berikutnya hehe ^_^.
Tobe continued . . .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar